PANDANGAN MASYARAKAT TERHADAP PENDIDIKAN.

Di kabupaten Banjar dan sekitarnya pendidikan sangat penting dan sangat diperhatikan oleh masyarakat. Masyarakat selalu ikut andil untuk membantu kelancaran pendidikan. misalnya, dari pihak sekolah mengadakan gotong royong untuk membuat halaman sekolah,masyarakat selalu hadir dalam kegiatan itu walaupun didalam kesibukan apapun merika masih dapat meluangkan waktu. Selain disegi tenaga sebagian merika juga ada yang menyumbangkan di segi materi, fikiran dan lain-lain.
         Selain membantu masyarakat juga sering memberi masukan/nasihat kepada anggota pendidik/guru. Yang intinya adalah untuk membantu berlangsungnya pendidikan yang baik.
         Di dalam lingkungan pendidikan selain pengawas yang sudah ditugaskan oleh pemerintah, masyarakat juga berhak memberi pengawasan terhadap pendidikan. Masyarakat juga boleh ke kantor pendidikan untuk melaporkan sesuatu yang di anggap perlu dan menyangkut keberhasilan pendidikan.
         Selain diperkotaan, dipelosok desa seperti tempat tinggal saya masyarakat juga sangat mementingkan pendidikan. Buktinya anak-anak merika sekolah bukan cuma sampai tingkat SMA saja, melanjutkan ke perguruan tinggi pun juga banyak. Walupun ada juga anak-anak merika yang tidak bisa melanjutkan ke perguruan tinggi, itupun di karenakan masalah biaya. Seandainya mampu mungkin merika tidak akan segan-segan meneruskan anak-anak merika ke perguruan tinggi.
FUNGSI PENDIDIKAN.
Fungsi Pendidikan di Masyarakat Terbagi dalam 3 Hal :
  1. Mencerdaskan kehidupan masyarakat.
Tingkat kecerdasan masyarakat pada dasarnya bisa ditingkatkan melalui program pendidikan sekolah. Peningkatan kecerdasan tersebut dijalankan melalui pemberian pengetahuan dasar yang dibutuhkan dalam kehidupan bermasyarakat melalui pelajaran sekolah. Peningkatan kecerdasan dalam masyarakat berpengaruh kepada ketepatan dan kecepatan dalam menyelesaikan masalah yang timbul dalam masyarakat tanpa kecerdasan yang memadai di kalangan warga, menyelesikan suatu
masalah kehidupan yang sesungguhnya sangat sederhana akan dihadapi sebagai suatu
yang sulit atau rumit.
  1. Memberikan pengaruh perubahan bagi perkembangan masyarakat.
Pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan suatu keniscayaan yang hadir di kalangan masyarakat, untuk memberikan kontribusi pengetahuan dan wawasan bagi masyarakat , hal yang bisa dilakukan oleh sekolah selain memberikan pengetahuan dasar juga transformasi pengetahuan, dan praktik-praktik baru dan menjalar ditengah-tengah masyarakat.
  1. Melahirkan masyarakat yang siap dan terbekali bagi kepentingan kerja dilingkungan masyarakat.
Sekolah merupakan lingkungan pendidikan yang memiliki tujuan dan orientasi yang spesifik, diantaranya adalah orientasi pendidikan memerlukan kesiapan yang diperlukan oleh lapangan kerja yang bersangkutan terlihat dari kegiatan pendidikan yang disenggarakan pada lembaga pendidikan formal maupun didalam isi kurikulum.
HUBUNGAN DENGAN PRANATA SOSIAL LAINNYA.
     Pendidikn itu sangat berhubungan dengan sosial lainnya. Misalnya pendidikan dengan ekonomi, pendidikan dengan masyarakat, pendidikan dengan kebudayaan dan lain-lain. Semua itu harus di dasari dengan pendidikan.
     Pada jaman sekarang yang saya lihat pendidikan itu sudah ada yang berani menyalahgunakannya. Misalnya pendidikan masalah politik, banyak orang yang memanfaatkannya untuk keuntungan dirinya sendiri. Seharusnya dia mengunakannya untuk keberhasilan, misalnya dikabupaten banjar. Seharusnya dengan ilmu politik merika itu harus berusaha bagaimana caranya supaya kabupaten banjar ini bisa bertambah maju dan bagaimana caranya supaya warga kabupaten banjar bisa sejahtera. Bisa dengan cara menambah lapangan kerja untuk mengurangi pengangguan.
LEMBAGA PENDIDIKAN.
Lembaga-Lembaga Pendidikan Terbagi atas 3 Macam :
  1. Formal (sekolah) : Pendidikan melalui jalur sekolah yang sudah diatur oleh pemerintah dan mempunyai berbagai macam tingkatan. Mulai dari sekolah dasar sampai ke perguruan tinggi.
  2. Informal (keluarga) : Pendidikan melalui keluarga. Pendidikan yang secara tidak langsung mendidik tapi semua yang dilakukan/prilaku yang dilakukan didalam suatu keluarga itu adalah pendidikan. Tergantung keluarga itu saja apakah yang dilakukan itu untuk mendidik yang baik atau yang buruk.
  3. Nonformal (masyarakat) : Pendidikan yang melalui kebiasaan dalam masyarakat .Apabila didalam masyarakat itu suka ma’siyat maka warganya pun juga seperti itu. Jadi keadaan masyarakat itu tergantung pendidikannya.
   Jadi pada intinya adalah pendidikan itu bukan hanya bisa di dapat di jenjang sekolah saja, tetapi di luar sekolah juga bisa. Misalnya di lingkungan masyarakat. 
Category: 1 komentar

1 komentar:

Unknown mengatakan...

mana pandangan masyarakatnya?

Posting Komentar